DESAIN BROSUR PPDB 2021 FREE CDR

Baca Juga

Contoh Desain Brosur yang memukau dan elegan ini sangat cocok untuk jenjang SMP/ Mts, SMA/ SMK, atau Universitas. Gratis download CDR X4.

Daftar Isi [Tampil]

DESAIN BROSUR PPDB 2021/2022 FREE CDR

DESAIN BROSUR PPDB 2021 FREE CDR
Tidak lama lagi akan ada pergantian tahun ajaran baru. Yaitu dari tahun ajaran 2020/2021 ke 2021/ 2022. Tepatnya pada bulan juni mendatang seluruh sekolah disibukkan dengan kegiatan tersebut. Dalam setiap pergantian tahun ajaran baru pasti ada proses penerimaan peserta didik baru atau yang bisa kita kenal dengan singkatan PPDB. Proses PPDB biasanya membutuhkan suatu media promosi salah satunya adalah BROSUR. Media cetak ini hampir dilaksanakan oleh semua sekolah dalam mempersiapkan promosi sekolahnya kepada masyarakat. Memilih brosur sebagai sarana promosi merupakan trik yang cukup bagus karena dengan brosur yang kita berikan kepada masyarakat tentunya sekolah kita akan lebih dikenal. Selain itu juga di dalam brosur biasanya dicantumkan beberapa informasi tentang sekolah seperti visi dan misi sekolah, program-program sekolah, sarana dan prasaranan sekolah, pelayanan sekolah, prestasi sekolah, kegiatan-kegiatan sekolah dan lain sebagainya. Untuk itu cukup lengkap informasi yang diberikan melalui media cetak dalam bentuk brosur. Selain brosur biasanya ada beberapa macam cara yang lainnya yaitu pamflet, baliho, banner, spanduk. Itu yang kerap dilakukan untuk menjaring calon peserta didik baru. Jika brosur bentuknya adalah lembaran berukuran A4, F4 yang bisa dibaca dengan cara dipegang. Karena bentuknya seperti buku namun jumlah lembarannya sedikit. Ada yang hanya terdiri dari 2 halaman, 4 halaman dan ada juga yang lebih. Namun pada umumnya yang digunakan adalah terdiri dari 4 halaman. Selain simpel, irit, dengan jumlah 4 halaman juga akan terasa lebih efektif. Pembaca tidak bosen. Berbeda jika brosur terdiri dari misal 10 halaman. Pasti pembaca akan malas membaca. Untuk itu dalam membuat brosur perlu diatur terlebih dahulu. Sedangkan untuk pamflet terdiri dari saru halaman saja. Pamflet nantinya akan dipasang disuatu tempat misalnya papan informasi. Isi informasi yang tertulis di pamflet tentu lebih singkat dibandingkan dengan brosur. Tidak lain karena memang jumlah halaman yang terbatas. Untuk banner, spanduk dan baliho dibuat dengan ukuran yang besar dan dipasang di outdor seperti di tepi jalan (baliho). Ukuran baliho biasanya 3 x 5 meter, 2 x 4 m dan ada yang yang besar. Spanduk dan banner bisa dipasang di area depan sekolah. Ukuranya biasanya 3 x 1 meter. 

TIPS MEMBUAT BROSUR PPDB SEKOLAH

Sebelum membuat brosur PPDB sekolah ada beberapa tips yang bisa anda gunakan. Simak beberapa ulasan berikut ini.

  • Tentukan terlebih dahulu ukuran brosur

Perlu ditentukan ukuran brosur apakah menggunakan ukuran A4 lipat 2 atau lipat 3. Atau bisa juga dengan menggunakan kertas ukuran F4 lipat 2 atau 3. Meskipun beda tipis namun ini sangat penting untuk menuju tahap berikutnya.

  • Kumpulkan materi yang akan dicantumkan dalam brosur

Ini adalah inti dari sebuah brosur. Jadi persiapkan materi tentang sekolah yang nantinya akan diinformasikan melalui brosur. Biasanya yang perlu disiapkan antara lain :

  1. Visi dan misi sekolah
  2. Program sekolah
  3. Jenis kelas atau jurusan (SMK)
  4. Pelayanan sekolah
  5. Kegiatan pendukung seperti ekstrakulikuler
  6. Saran dan prasarana sekolah
  7. Prestasi sekolah
  8. Beasiswa
  9. Waktu dan tempat pendaftaran
  10. Metode pendaftaran apakah bisa melalui online atau datang langsung ke alamatnya. 
  11. Syarat pendaftaran
  12. Kontak person dan media sosial

  • Kumpulkan media pendukung seperti foto gedung, foto prestasi, foto kegiatan sekolah dll
  • Sesuaikan desain brosur dengan jenjang sekolahnya

Maksudnya adalah jika sekolahnya adalah tingkat SD/MI desain baiknya menggunakan warna yang cerah. Dan boleh juga dengan kombinasi banyak warna namun jangan berlebihan. Jika brosur yang kita buat adalah sekolah tingkat SMP/MTs maka kurangi penggunaan jenis warna. Gunakan juga warna yang tidak terlalu cerah atau kontras. Sedangkan untuk brosur tingkat SMA/SMK dan universitas maka brosur lebih elegan lagi. Warna yang digunakan adalah warna yang lebih kalem, enak diliat. Kombinasi warna juga tidak banyak. Jadi bedakan dalam membuat brosur untuk setiap jenjangnya.

  • Penggunaan font yang sesuai

Untuk title gunakan jenis font menarik. Sedangkan untuk teks pendukung gunakan font default saja misal arial, times new roman, calibri atau lainnya sehingga mudah dibaca.

  • Pilih jenis kertas 

Untuk brosur kertas yang digunakan biasanya kertas HVS, Art paper. Kertas HVS teksturnya agak kasar dan ukuran ketebalan berbeda-beda. Semakin tebal tentu semakin mahal. Sedangkan kertas Art paper teksturnya licin dikedua sisinya. Sehingga akan terlihat lebih menawan. Untuk pemilihan kertas sesuaikan juga dengan badgetnya. 

DOWNLOAD BROSUR PPDB TAHUN AJARAN 2021/2022 CDR X4 FREE

Dibawah ini admin membagikan 3 desain brosur PPDB sekolah tahun ajaran 2021/ 2022 gratis CDR X4. Dengan desain yang memukau dan elegan. Kombinasi warna yang apik sehingga menambah tampilan lebih berkelas. Desain ini sangat cocok untuk brosur sekolah jenjang SMP/ Mts, SMA/ SMK, atau universitas. Tinggal nanti penyesuaikan edit warnanya sehingga lebih sesuai. Ukuran brosur adalah Full A4 untuk satu halaman. Terdiri dari 4 halaman untuk masing-masing brosur. Jadi jika bolak-balik maka membutuhkan 2 ukuran kertas A4 untuk mencetaknya. Gunakan jenis kertas Art paper jika ingin hasilnya lebih maksimal. Silahkan unduh saja gratis filenya di bawah ini.

Unduh juga Pamflet PPDB 2021 CDR disini

Unduh banner dan baliho PPDB 2021 CDR disini

Download Contoh Brosur lainnya disini
  • BROSUR A

Tampilan brosur dari halaman satu sapai 4 adalah sebagai berikut :

BROSUR PPDB TAHUN AJARAN 2021/2022

BROSUR PPDB TAHUN AJARAN 2021/2022

BROSUR PPDB TAHUN AJARAN 2021/2022

BROSUR PPDB TAHUN AJARAN 2021/2022

(Ukuran 76 Mb) 

  • BROSUR B

Tampilan brosur ini dari halaman satu sapai 4 adalah sebagai berikut :

BROSUR PPDB 2021/2022

BROSUR PPDB 2021/2022

BROSUR PPDB 2021/2022

BROSUR PPDB 2021/2022

(Ukuran 72 Mb) 

  • BROSUR C

Tampilan brosurnya dari halaman satu sapai 4 adalah sebagai berikut :

DESAIN BROSUR PPDB 2021/2022

DESAIN BROSUR PPDB 2021/2022

DESAIN BROSUR PPDB 2021/2022

DESAIN BROSUR PPDB 2021/2022

 DOWNLOAD CDR X4

(Ukuran 59 Mb) 

Itulah beberapa contoh desain brosur PPDB sekolah tahun ajaran 2021/2022 yang bisa saya bagikan secara gratis. Untuk membuka filenya menggunakan corel draw minimal versi X4. Semoga bisa membantu kusunya sekolah-sekolah yang sebentar lagi akan melaksanakan penerimaan peserta didik baru. Semoga diberi kelancaran dan hasil yang sesuai dengan harapan. Jangan lupa komentar anda dengan format NAMA dan ASAL SEKOLAH anda. Share juga ke teman-teman agar bermanfaat untuk yang lainnya. Terima kasih.

 

 


Komentar

Terima kasih atas komentar anda